Masker Rambut Ketombe

Saturday, May 12th 2018. | Masker Rambut

Rambut yang indah merupakan dambaan bagi banyak wanita. Tidak heran jika beragam jenis perawatan dan shampo anti ketombe rela dicoba untuk mendapatkan kondisi tersebut. Apalagi cara tersebut juga dilakukan untuk menghindari rambut ketombe yang sangat mengganggu penampilan.

Ketombe sendiri merupakan sel kulit kepala yang mongering dan terkelupas. Masalah rambut berketombe bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kebersihan tubuh, asupan makanan, jenis produk yang digunakan hingga gaya hidup. Berikut kami sajikan beberapa cara alami untuk mengatasi rambut berketombe.

A. Penyebab Rambut Berketombe




1. Kulit Kepala Kering

Kondisi kulit kepala yang kering sering terjadi karena perubahan suhu dan cuaca misalnya cuacan panas berubah menjadi cuaca yang dingin ataupun sebaliknya sehingga menyebabkan kulit kepala gatal dan munculnya ketombe. Ketika kulit kepala kering, ketombe yang muncul tidak disertai dengan rambut yang berminyak. Biasanya ketombe yang disebabkan karena kondisi pertama ini juga disertai tanda-tanda kulit kering lainnya. Misalnya kulit yang bersisik di bagian lengan ataupun siku.

2. Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang berminyak dan iritasi biasanya ditandai dengan kulit kepala berwarna kemerahan dan munculnya ketombe berwarna putih ataupun kekuningan. Kondisi ini biasa disebut sebagai sindrom Seborrheic Dermatitis. Umumnya sindrom ini terjadi pada area yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi, seperti sekitar alis, sisi hidung, belakang telinga, dan juga ketiak. Rambut atau kulit kepala yang kotor juga dapat mengakibatkan minyak serta sel kulit mati menumpuk, sehingga memicu timbulnya ketombe.

3. Psioriasis & Eczema

Psioriasis disebabkan oleh banyaknya kulit mati yang tebal dan menumpuk di kulit kepala. Hal ini biasanya terjadi pada area lutut, siku, dan juga kulit kepala. Gejalanya hampir mirip dengan Seborrheic Dermatitis, hanya saja psioriasis disebabkan karena menumpuknya kulit mati di kepala. Sedangkan, Eczema dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh kita, termasuk kulit kepala, yang menyebabkan munculnya ketombe.

4. Alergi

Hati-hati saat Anda menggunakan produk perawatan dan penataan rambut. Kalau tidak cocok, produk pewarnaan ataupun perawatan rambut yang mengandung paraphenylene diamine (PPD) dapat mengakibatkan kulit kepala iritasi, gatal dan juga berwarna kemerahan. Terlalu sering keramas dan banyak memakai aneka produk styling rambut juga menyebabkan masalah serupa.

5. Bakteri ataupun Jamur (malassezia)

Bakteri atau jamur yang tumbuh pada kulit kepala bisa menjadi tidak terkontrol sehingga mengakibatkan folikel rambut memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi ini menyebabkan kulit kepala iritasi dan tumbuhnya sel kulit mati kemudian memicu ketombe.

Kenapa bakteri atau jamur di kulit kepala bisa tumbuh menjadi tidak terkontrol, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Hanya saja kulit kepala yang terlalu berminyak, perubahan hormon, stress, lemahnya daya tahan tubuh, serta gangguan saraf seperti penyakit Parkinson, perubahan usia, hormon pria, diet yang buruk, cukup sensitif dengan kondisi malassezia ini yang bisa memicu ketombe.

B. Ciri-Ciri Rambut Berketombe

1. Kulit Kepala Mati

Tanda rambut berketombe yang mudah di hafali adalah adanya kulit kepala mati yang begitu banyak dengan bentuk yang cukup besar dibandingkan kondisi ketombe biasa pada umumnya. Kulit kepala tersebut biasanya akan jatuh dengan sendirinya ketika anda menyentuh rambut atau ketika ada guncangan pada kepala.

2. Rambut Selalu Berminyak

Kondisi rambut yang berminyak sering kali menjadi salah satu kondisi yang dapat memicu terjadinya ketombe. Kondisi rambut yang terus menerus berminyak dapat ditengarai sebagai salah satu ciri ciri ketombe akut telah terjadi pada kepala. Jika sudah begitu ada baiknya segera di tangani agar tidak menyebabkan ketombe akut.

3. Rambut Rontok Parah

Kondisi ketombe sering kali dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini ditengarai karena ketombe dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan membuat folikel rambut menjadi rapuh. salah satu ciri kondisi ketombe yang akut ditandai dengan semakin banyaknya rambut yang rontok meskipun telah dilakuakan berbagai cara mengatasi rambut rontok baik menggunakan bahan alami maupun bahan bahan kimia lainnya.

4. Rasa Gatal Tidak Tertahankan

Ciri ciri lain yang dapat menandai telah terjadinya ketombe akut pada kepala adalah munculnya rasa gatal yang tidak tertahankan. Rasa gatal tersebut dipicu oleh peradangan yang terjadi pada kulit kepala akibat ketombe. Ketombe memang dikenal sebagai salah satu penyebab rambut gatal yang telah memasuki kondisi akut.

5. Ketombe Tidak Kunjung Hilang

Ketombe secara umum dapat muncul dan terjadi pada semua orang baik pria maupun wanita. Kondisi ketombe yang terus menerus muncul dan tidak kunjung hilang ditengarai sebagai salah satu ciri ciri ketombe akut. Kondisi ketombe akut ini tidak akan bisa dihilangkan dengan perawatan biasa menggunakan shampo, lotion, dan cream anti ketombe pada umumnya.

Untuk mencegah kondisi ketombe yang akut, selalu melakukan perawatan dan menjaga kebersihan rambut melupakan langkah awal. Namun apabila telah terjadi ketombe yang akut, melakukan konsultasi dan perawatan medis dengan dokter spesialis kulit.

C. Cara Mengatasi Rambut Berketombe

1. Yogurt dan Lada

Ragi dalam tubuh kita adalah penyebab yang memicu peradangan. Hal ini menyebabkan penumpukan ragi pada kulit. Meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita dapat mengurangi ragi dalam tubuh kita. Dan yogurt adalah salah satu sumber terbaik dari bakteri baik. Yogurt juga dapat mencegah kulit kepala bersisik dan lada atau merica adalah antijamur. Berikut ini cara mengatasi ketombe dengan lada dan yoghurt.

– Ambil 2 sdm lada hitam dan haluskan.
– Tambahkan satu cangkir yoghurt.
– Aduk rata dan terapkan pada kulit kepala saja.
– Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan air.
– Keramas dengan sampo ringan.

Baca Juga : masker untuk rambut tipis dan rontok

2. Cuka

Cuka dapat membunuh jamur dan bakteri pada kulit kepala. Selain itu juga membantu dalam mengobati kulit kering dan mengurangi ketombe. Kandungan asam dalam cuka mengurangi gatal pada kulit kepala dan mencegah pengelupasan.

– Pijat kulit kepala dengan cuka, secara lembut.
– Pastikan cuka tidak masuk ke dalam mata.
– Atau pertama didihkan 2 cangkir cuka.
– Setelah itu biarkan dingin.
– Campurkan 1/8 cuka dengan 1 cangkir air dan gunakan sebelum keramas.

Baca Juga : masker rambut rusak secara alami

3. Air Lemon dan Minyak Kelapa

Salah satu penyebab masalah ketombe adalah ketidakseimbangan pH dalam kulit kepala. Keasaman air lemon dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dengan demikian dapat membantu menghilangkan ketombe. Minyak kelapa mengandung zat pendingin dan anti bakteri.

– Peras 1/2 lemon tambahkan 5 tetes minyak kelapa.
– Oleskan campuran tersebut dengan lembut pada kulit kepala.
– Biarkan selama sekitar setengah jam.
– Cuci menggunakan sampo ringan.

Baca Juga : masker rambut rontok secara alami

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan sifat fungisida. Selain itu juga memiliki karakteristik enzim proteolitik; yang berarti dapat memecah protein, termasuk sel-sel kulit mati. Lidah buaya bertindak sebagai exfoliant dengan menghapus kulit mati sehingga tidak muncul sebagai ketombe.

– Ambil gel lidah buaya, pijatkan ke kulit kepala.
– Biarkan selama sekitar 15 menit.
– Cuci dengan sampo ringan.
– Lakukan secara teratur.

Baca Juga : masker yang cocok untuk rambut berminyak

5. Buah Apel

Apel mengandung procyanidin B-2, senyawa alami yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika ketombe tidak segera diatasi, pada akhirnya dapat menyebabkan rambut rontok, buah apel berperan menjaga rambut tetap sehat.

– Campurkan 2 sdm air apel dengan 2 sdm air.
– Oleskan pada kulit kepala.
– Diamkan selama 15 menit.
– Kemudian cuci dengan sampo ringan.

Baca Juga : masker khusus untuk rambut bercabang

6. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bila jahe dicampur dengan minyak, dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Komponen aktif dari jahe seperti minyak atsiri membantu mencegah ketombe.

– Tuang sekitar empat ons minyak wijen ke dalam cangkir kecil.
– Tambahkan minyak jahe secukupnya.
– Pijat lembut kulit kepala dengan campuran tadi.
– Biarkan selama 10-15 menit.
– Kemudian cuci dengan sampo ringan.

Baca Juga : masker rambut kusam secara alami

D. Tips Mencegah Ketombe

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini tips mencegah ketombe atau dalam bahasa melayu sering disebut kelemumur.

– Selain keramas teratur, mengelola stres juga penting untuk mencegah ketombe. Stres dapat memicu ketombe dan menyebabkan ketombe tambah parah.

– Kurangi pemakain hair spray dan styling gel. Produk ini dapat menyebabkan kulit kepala berminyak.

– Makan makanan yang sehat. Nutrisi seperti zinc, vitamin B dan asam lemak esensial dapat membantu mencegah ketombe.

– Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara yang dapat mencegah rambut berketombe adalah berjemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut juga dapat berlaku bagi penderita eksim mau pun psoriasis yang juga menjadi penyebab ketombe. Agar kulit kepala tetap sehat, cukup habiskan beberapa menit saja.

– Perbanyak Air Putih

Penyebab ketombe salah satunya adalah kulit yang kering. Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan kurangnya cairan yang ada dalam tubuh. Tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang lebih memperhatikan jumlah cairan yang masuk dalam tubuh. Misalnya saja mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Cara tersebut akan membuat sel tubuh terhidrasi dan menghindarkan dari sejumlah masalah, seperti rambut berketombe.

Baca Juga : masker rambut kering yang bagus



cara alami menghilangkan ketombe dan rambut rontok, cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan jeruk nipis, creambath untuk rambut rontok dan ketombe, hair mask untuk rambut ketombe, masker untuk rambut rontok dan berketombe, merk masker rambut untuk ketombe, perawatan rambut ketombe, rambut berketombe parah, masker rambut anti ketombe, perawatan makarizo untuk rambut ketombe