Masker Rambut Kering Secara Alami

Tuesday, April 17th 2018. | Masker Rambut

Bicara perawatan rambut kering, siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau? Tentu semua mau. Namun tidak semua orang mempunyai rambut indah. Ada diantara kita yang dilahirkan dengan rambut kusam, kering dan keriting. Bagi mereka yang beruntung memiliki rambut indah, juga bisa mengalami rusak dan rapuh akibat dari paparan sinar matahari, polusi, blow dry dan produk perawatan rambut berbahan kimia.

Jika kamu tahu cara merawatnya dengan baik, rambut kering, rusak dan kasar, bukan lagi masalah serius. Salah satu cara terbaik untuk merawat rambut kering adalah menggunakan bahan alami, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rambut kering.

A. Penyebab Rambut Kering

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan rambut kamu menjadi kering, di antaranya :

1. Produk Rambut Yang Tidak Cocok

Banyak sekali produk-produk rambut yang ditawarkan, terutama untuk kaum wanita. Pastilah besar keinginan anda untuk memiliki rambut yang sehat dan rambut yang indah, sehingga anda rela mencoba-cobakan rambut dengan berbagai macam produk. Bisa jadi produk yang anda gunakan itu tidak cocok untuk rambut anda dan membuat rambut menjadi kering, bahkan mengalami kerusakan-kerusakan rambut.

2. Hair Dryer

Hair dryer merupakan alat pengering rambut yang lebih efektif dan efisien. Namun menggunakan hair dryer terlalu sering akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk rambut, sebab hair dryer tidak hanya mengeringkan rambut namun juga menyebabkan kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala kita ikut menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembaban rambut.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang panas membuat rambut menjadi kering. Ibaratkan saja anda berjemur di bawah sinar matahari pasti anda juga akan kering, begitu pula dengan rambut. Namun perlu anda ingat, bahwa yang dimaksud paparan sinar matahari disini adalah paparan sinar matahari sesudah pukul 09.00 pagi. Sebab paparan sinar matahari di bawah pukul 09.00 pagi adalah paparan sinar matahari yang sehat.

4. Salah Shampo

Kesalahan dalam memilih sampo menjadi salah satu penyebab yang membuat rambut menjadi kering. Pastikan kandungan yang terdapat dalam sampo tersebut cocok untuk anda sehingga tidak akan menyebabkan rambut anda kering dan kusut. Selain itu pilihlah sampo yang memiliki kondisioner, kondisioner disini akan membantu anda untuk melembabkan kembali rambut yang kering.

5. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Air putih menjadi solusi dari semua penyakit, terutama untuk rambut rontok. Ternyata rambut rontok ini juga disebabkan karena kekurangan mengkonsumsi air putih. Air putih yang rutin anda konsumsi 2 liter per hari akan menjaga semua kesehatan yang ada dalam tubuh. Dengan demikian anda akan mampu menjaga rambut dari kerontokan.

6. Sering Keramas

Aturan keramas yang dianjurkan adalah 3 kali 1 pekan atau setiap 2 hari sekali. Anda tidak boleh terlalu sering keramas karena hal itu akan membuat rambut justru rusak dan cenderung kering. Rambut yang sering terkena sampo berarti semakin sering terkena bahan-bahan yang terkandung dalam sampo, dimana terkadang bahan bahan itu tidak cocok jika dipakai terus menerus untuk kulit kepala dan akan mengurangi kadar minyak alami dalam rambut sehingga rambut akan menjadi kering.

B. Tanda Rambut Kering

Banyak tanda yang mudah dikenali pada rambut kering, beberapa diantaranya bisa anda lihat di bawah ini:

1. Kaku

Rambut yang kering cenderung kaku dan sulit diatur, untuk mengetahuinya cobalah untuk menarik rambut secara perlahan dengan sela-sela jari, bila rambut tidak dapat meregang secara normal maka itu menandakan kulit kepala dan helaian rambut kehilangan kelembabannya.

2. Tekstur Kasar

Pada umumnya tekstur normal rambut adalah halus, ketika rambut kehilangan kelembabannya maka teksturnya akan berubah menjadi lebih kasar.

3. Bercabang

Salah satu tanda yang paling sering muncul ketika rambut mengalami kekeringan adalah ujung rambut pecah dan terbagi menjadi dua.

4. Kusam

Rambut dan kulit akan terlihat lebih kusam dari biasanya ketika tidak memiliki kelembaban yang cukup.

5. Mudah Putus

Rambut yang mudah putus bisa menandakan adanya kerusakan yang sedang terjadi, pada rambut kering biasanya lebih sering putus di bagian tengah.

C. Cara Merawat Rambut Kering

Bagaimana cara mengatasi rambut kering agar kembali sehat dan lembut? Berikut ini tips cara merawat rambut kering secara alami.

1. Telur

Telur merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi rambut kering. Kenapa? Karena telur kaya akan protein dan lesitin yang dapat membantu menguatkan dan memperbaiki rambut kering dengan cara menjadikan rambut lebih lembab.

Tips 1

– Campur 3 butir telur dengan 2 sdm minyak zaitun atau minya kelapa dan 1 sdm madu.
– Aduk rata dan oleskan campuran ini pada kulit kepala dan rambut.
– Tutup kepala Anda dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit.
– Bilas dengan sampo dan air hangat.

Tips 2

– Kocok 2 butir telur, tambahkan setengah cangkir yogurt dan 1 sdm minyak almond.
– Aduk hingga tercampur merata sampai berubah menjadi krim.
– Pijatkan campuran ini pada kulit kepala dan rambut.
– Tutupi kepala dengan shower cap, biarkan selama 30 menit.
– Keramas seperti biasanya, bilas menggunakan air dingin.

Tips 3

– Kocok 3 butir telur, tambahkan 1 sdm cuka, 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm minyak kelapa.
– Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan rambut.
– Tutupi dengan shower cap, biarkan selama 20-30 menit.
– Berkeramas seperti biasa.

Baca Juga : masker rambut berketombe 

2. Hot Oil

Perawatan hot oil mengunakan minyak alami seperti minyak kelapa, zaitun, jarak dan almond dapat mengembalikan kelembaban rambut. Selain itu, perawatan ini juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rusak.

– Masukan 4 sdm minyak kelapa ke dalam panci.  Panaskan dengan api kecil.
– Setelah minyak hangat suam-suam kuku, pijatkan minyak ini pada kulit kepala.
– Tutupi dengan shower cap dan bungkus dengan handuk hangat.
– Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan shampo dan air hangat.

Baca Juga : masker untuk rambut tipis

3. Masker Madu

Madu sangat terkenal untuk perawatan kecantikan, salah satunya untuk mengatasi rambut kering. Madu dapat menjaga kelembaban rambut, menjadikan rambut lembut dan mengkilap.

– Siapkan setengan cangkir madu.
– Basahi rambut kamu. Pijat kulit kepala dan rambut dengan madu.
– Tutupi dengan shower cap, biarkan selama 20-30 menit.
– Bilas dengan air hangat.

Baca Juga : masker rambut rusak secara alami

4. Alpukat dan Pisang

Alpukat kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kelembaban rambut, menyuburkan rambut dan menjadikan rambut sehat dan kuat.

Pisang dikenal untuk mencegah rambut bercabang dan meningkatkan kelembutan rambut.

– Haluskan 1 pisang dan 1 alpukat, tambahkan 1/2 sdm minyak almond.
– Pijatkan campuran ini pada kulit kepala dan rambut.
– Tutupi dengan shower cap, biarkan selama 30-60 menit.
– Bilas dengan air hangat.

Baca Juga : masker rambut rontok secara alami

5. Mayones

Mayones kaya lemak yang bagus untuk menjadikan rambut mengkilap, lembut dan sehat.

– Siapkan 1/2 cangkir mayones.
– Pijat kulit kepala dan rambut dengan mayones.
– Tutupi dengan shower cap. Biarkan selama 30 menit.
– Bilas dengan air hangat.

Baca Juga : masker rambut yang cocok untuk rambut berminyak

6. Lidah Buaya

Lidah buaya sejak zaman dahalu dikenal memiliki manfaat untuk rambut. Nutrisi dalam lidah buaya bermanfaat untuk menjadikan rambut lembut, lembab dan mengkilap.

– Campur 4 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdm minyak kelapa, tambahkan 3 sdm yogurt.
– Oleskan campuran ini pada rambut.
– Biarkan selama 30 menit.  Bilas dengan air dingin.

Baca Juga : masker alami untuk rambut bercabang

7. Cuka Apel

Cuka sari apel bisa Anda gunakan sebagai kondisioner. Cuka apel bermanfaat untuk melembutkan, melembabkan dan menjadikan rambut Anda berkilau. Selain itu, cuka apel juga membantu menyeimbangkan pH alami pada kulit kepala, mencegah gatal dan ketombe.

– Campurkan ½ cangkir cuka apel dengan 1 cangkir air.
– Basahi rambut, kemudian oleskan campuran ini.
– Biarkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin.

Baca Juga : masker rambut kusam 

D. Pencegahan Rambut Kering

Berikut beragam tips pencegahan supaya kamu tidak mengalami rambut kering :

1. Membersihkan Rambut Dengan Rutin

Hal ini sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan menjaga selalu kesehatan rambut kita semua. Rambut yang sehat akan terasa lembut dan tidak kering.

2. Hindari Menggosok Rambut

Kegiatan menggosok rambut dapat menyebabkan gesekan yang keras pada rambut dan tidak menutup kemungkinan rambut akan kering dn rusak.

3. Menyisir Rambut Dengan Benar

Menyisir rambut harus dilakukan dengan benar agar rambut tetap rapih dan tidak kusut. Kita dapat menggunakan jenis sisir bergigi lebar.

4. Mengurangi Pemakaian Hair Dryer

Mengeringkan rambut lebih baik menggunakan cara alami seperti dengan cara dikipasi atau diangin-anginkan. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Apabila kamu tidak memiliki waktu banyak untuk menunggu mengeringan rambut kamu, sebelum menggunakan hair dryer ada baiknya gunakan vitamin rambut agar rambut lebih terlindungi.

5. Memakai Kondisioner Rambut

Kondisioner rambut dapat membantu menghaluskan dan melembutkan rambut sehingga terhindar dari rambut kering.

Related For Masker Rambut Kering Secara Alami

hair mask untuk rambut kering dan mengembang, harga masker rambut loreal, masker rambut kering dan mengembang, masker rambut kering makarizo, masker rambut yang bagus untuk rambut rontok, masker rambut yang bagus untuk rambut smoothing, masker untuk rambut kering dan rontok, merk masker rambut untuk rambut kering,