Masker Rambut Berminyak Untuk Rambut Berminyak

Monday, April 23rd 2018. | Masker Rambut

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut hitam berkilau, cantik, dan sehat adalah impian bagi semua wanita. Tidak heran jika banyak wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut. Masalah rambut yang sering dialami oleh wanita adalah rambut rontok, lepek, berminyak, berketombe, dan bercabang.

Ketika wanita mengalami salah satu atau beberapa dari masalah rambut tersebut, hal itu merupakan masalah serius bagi wanita. Hal itu disebabkan karena rambut penunjang penampilan wanita dan merupakan salah satu tolak ukur kecantikan. Hampir semua masalah rambut disebabkan karena rambut berminyak. Saat rambut berminyak sudah pasti akan membuat rambut menjadi lepek. Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengatasi rambut berminyak.

A. Penyebab Rambut Berminyak

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan kamu mengalami rambut berminyak :

1. Jarang Keramas

Jadwal keramas yang tidak teratur atau jarang akan membuat rambut semakin kotor dan membuat minyak semakin menumpuk di kulit kepala. Frekuensi keramas yang cukup adalah dua hari sekali, dan hal ini harus dilakukan secara rutin. Apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau memakai jilbab.

2. Salah Memakai Sampo

Pemakaian sampo yang tidak cocok untuk rambut juga dapat memancing kondisi rambut menjadi berminyak. Pemilihan sampo yang tepat untuk rambut sangat penting karena bahan yang terkandung di dalamnya juga dicocokkan dengan keadaan rambut kamu.

3. Mengikat Rambut Saat Basah

Mungkin karena terburu – buru, kamu sering mengikat rambut dalam kondisi masih basah sehabis keramas. Tindakan ini justru akan membuat minyak makin banyak timbul di kulit kepala. Hal ini akibat dari rambut yang di ikta tidak bisa bernapas dan tidak mendapat udara segar supaya kering. Efek sampingnya kulit kepala semakin lembab dan berminyak.

4. Sering Mengecat Rambut

Sering terekspos bahan kimia dapat menjadikan rambut semakin berminyak, karena produk cat rambut biasanya mengandung bahan untuk melembabkan rambut. Namun jika jenis rambut pada dasarnya adalah berminyak, bahan yang berasal dari cat rambut itu hanya akan menambah minyak pada kulit kepala.

5. Sinar Matahari Dan Polusi

Pakailah topi atau pelindung kepala jika akan beraktivitas di tempat yang terpapar terik matahari dalam waktu lama. Kondisi rambut Anda akan menjadi makin berminyak karena kulit kepala akan berusaha melindungi rambut yang terkena panas matahari dengan mempertahankan kelembaban kulit kepala, yang artinya memproduksi minyak lebih banyak. Sinar matahari dan polusi adalah salah satu penyebab kerusakan pada rambut.

B. Ciri Ciri Rambut Berminyak

Berikut ini tanda- tanda yang menyebabkan kamu mengalami rambut berminyak :

1. Bersifat Lepek

Lepek adalah kondisi dimana rambut menjadi lebih tipis dari pada biasanya, berminyak dan berbau tidak sedap. Tidak hanya berdampak pada kesehatan rambut saja, rambut lepek seperti ini nantinya juga akan berpengaruh pada wajah dan kecantikan muka kamu. Terutama bagi yang memiliki rambut panjang. Kandungan minyak pada rambut yang berhubungan kontak dengan wajah secara langsung nantinya akan mempengaruhi kesehatan wajah kamu juga.

2. Memiliki Warna Yang Kusam

Rambut berminyak biasanya memiliki warna yang kusam. Rambut yang berminyak memang terlihat mengkilap. Apabila kamu merawat rambut berminyakdengan minyak zaitun yang terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai macam kontaminan seperti debu, asap, udara kotor dan berbagai zat lainnya dapat menempel pada rambut dengan mudah. Hal ini menyebabkan rambut kamu terlihat lebih kusam, lemas dan tidak sehat.

3. Sulit Ditata

Sudah menjadi informasi publik bahwa rambut yang berminyak akan sulit ditata dan dirapikan. Tidak seperti rambut normal pada umumnya, rambut berminyak seperti, tidak hidup dan tidak bernyawa. Disisir atau ditata pun, rambut yang berminyak akan kembali pada kondisinya semula. Itulah mengapa seseorang dengan rambut yang berminyak akan mengalami kesulitan untuk memilih gaya rambut panjang yang tepat untuknya.

4. Mempunyai Struktur Yang Lengket

Kandungan minyak berlebih pada rambut seringkali membuat folikel – folikel pada rambut saling menempel dan lengket satu sama lain. Lalu apa yang akan terjadi? rambut Anda akan kehilangan model rambut dan struktur rambut alaminya. Rambut yang lengket dan bergumul menjadi satu menyebabkan kulit kepala menjadi mudah lembab dan berkeringat. Hal ini juga tidak baik untuk kesehatan rambut serta kulit kepala anda.

Baca Juga : masker rambut bercabang secara alami

5. Rambut Cenderung Lembab

Rambut berminyak memang harus sering di keramasi atau di cuci. Karena rambut berminyak pada dasarnya mudah sekali lembab. Banyak orang menggunakan minyak rambut untuk menjaga kelembaban rambut. Namun, rambut berminyak seperti ini sudah tinggi sekali kelembabannya. Penggunaan minyak rambut malah akan semakin memperparah kondisi ciri-ciri rambut berminyak. Solusi dari masalah ini adalah dengan sering-sering mencuci rambut setiap kali berkeringat banyak selepas beraktifitas. Jika kamu tidak memiliki waktu banyak, kamu bisa menggunakan cara praktis dan lebih efektif lagi yakni tissue kering dan dry shampoo untuk mengurangi kadar minyak pada rambut.

Baca Juga : masker alami rambut kusam

C. Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Berikut ini cara mengatasi rambut berminyak dengan menggunakan bahan alami yang bisa menjadi solusi kamu di rumah :

1. Lemon

Air lemon merupakan salah satu bahan alami yang paling efektif untuk mengurangi kadar minyak pada rambut dan juga membantu mengatasi masalah ketombe dan gatal di kulit kepala. Sifat asam dari air lemon membantu menghilangkan kadar minyak yang berlebih pada rambut dan menjadikan rambut halus dan lembut.

– Peras 1 buah lemon dalam mengkuk, campur dengan 1 gelas air.
– Cuci rambut kamu dengan sampo ringan.
– Kemudian bilas sampai bersih.
– Terakhir bilas dengan air lemon, keringkan dengan handuk.

Baca Juga : masker rambut kering secara alami

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gatal di kulit kepala, ketombe dan mengurangi kadar minyak yang berlebihan pada helai rambut. Selain itu juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, menjadikan rambut berkilau dan meningkatkan keseimbangan pH kulit kepala. Gel lidah buaya dapat diterapkan secara langsung pada kulit kepala dan rambut, atau bisa juga dicampur dengan sampo.

– Ambil gel lidah buaya,
– Saring gel kedalam wadah dan pijatkan pada rambut dan kulit kepala.
– Biarkan selama 1 jam dan cuci dengan sampo ringan.

Cara lainnya :

– Campur 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan air jeruk nipis dengan sampo favorit kamu.
– Cuci rambut Anda dengan campuran ini.
– Simpan sisa sampo dalam sebuah wadah dan campuran ini dapat digunakan sampai seminggu.

Baca Juga : masker yang bagus untuk rambut berketombe

3. Putih Telur

Telur kaya akan vitamin B12, biotin, nutrisi dan kalsium yang penting untuk rambut. Putih telur mengandung enzim khusus yang dapat menghancurkan bakteri dan mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan rambut.

– Masukan dua putih telur ke dalam mangkuk.
– Oleskan pada rambut basah dan kulit kepala.
– Pijat secara menyeluruh selama 5 menit.
– Dan biarkan selama 30 menit, cuci dengan sampo ringan.

Baca Juga : masker untuk rambut tipis

4. Teh Hijau

Kandungan anti-oksidan dalam teh hijau dapat membantu mengatasi ketombe, ruam dan iritasi kulit kepala. Sedangkan tanin dalam teh hijau bertindak sebagai astringents untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan rambut.

– Seduh teh hijau, saring cairan dan biarkan dingin.
– Cuci rambut Anda dengan sampo ringan dan bilas dengan teh hijau.
– Keringkan dengan handuk.

Baca Juga : masker rambut rusak secara alami

5. Pisang

Pisang sarat dengan vitamin, mineral dan antioksidan yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit dan rambut. Bertindak sebagai kondisioner yang memberi nutrisi dan meremajakan rambut kusam dan berminyak. Pisang juga dapat mengurangi minyak yang berlebihan dan sebum dari kulit kepala dan rambut.

– Haluskan pisang matang, tambahkan 1 sendok teh madu.
– Aduk rata dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata dari akar ke ujung rambut.
– Biarkan selama 20 menit. Cuci dengan sampo ringan.

Baca Juga : masker rambut rontok secara alami

Related For Masker Rambut Berminyak Untuk Rambut Berminyak

cara mengatasi rambut berminyak dan berketombe, cara mengatasi rambut berminyak dan lepek, cara menghilangkan rambut berminyak tanpa keramas, masker rambut untuk rambut berminyak, rambut berminyak dan rontok, rambut berminyak pria, shampo khusus rambut berminyak, tanda rambut berminyak,