Masker Alami Untuk Rambut Tipis

Monday, June 18th 2018. | Masker Rambut

Memiliki rambut tipis cukup mudah menurunkan rasa percaya diri, khususnya bagi seorang wanita. Bagaimana tidak? Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Ketika rambut menipis, kepercayaan diri pun dapat terkikis.

Dalam sehari, normalnya seseorang dapat kehilangan sekitar 100 helai rambut. Namun bagi Anda yang mengalami kerontokan, helai rambut yang berkurang tentu akan bertambah. Untuk memberikan perawatan rambut tipis yang tepat, kamu perlu mengenali penyebabnya.

Rambut yang menipis dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor keturunan, stres, sedang menjalani kemoterapi, nutrisi buruk, defisiensi vitamin, menopause, kesalahan penataan rambut, hingga beberapa kondisi medis tertentu seperti gangguan tiroid.




Rambut tipis mungkin bisa membuat percaya diri ikut menipis. Jangan putus asa dalam mengatasi masalah rambut yang kamu alami dan cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini :

A. Penyebab Rambut Tipis

1. Rendahnya Hormon Estrogen

Yang pertama adalah tingkat estrogen rendah. Ketika tingkat estrogen anda tinggi, misalnya selama kehamilan, anda juga akan melihat peningkatan pertumbuhan rambut di kepala dan tubuh anda.

Setelah itu, ketika tingkat estrogen anda menurun, rambut anda akan mengalami kerontokan. Demikian pula, selama menopause anda akan mengalami masalah yang sama karena berkurangnya kadar estrogen.

2. Stres

Apabila anda sedang mengalami tingkat stres yang tinggi, maka bisa memicu penipisan rambut cukup hebat. Selain itu, kondisi ini juga menjadi pertanda anda menderita jenis penyakit atau anda tengah melakukan diet ketat.

3. Masalah Thyroid

Anda bisa menderita kondisi ini jika memiliki kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dengan baik. Seiring dengan rambut menipis, jika kamu menderita kulit kering dan kuku rapuh, badan lesu, perubahan suasana hati, kelelahan dan rendahnya tingkat energi, mungkin kadar hormon tiroid turun.

4. Penuaan

Alasan berikutnya penipisan rambut adalah karena penuaan. Jika orangtua anda juga menderita kondisi ini, maka kemungkinan ada bahwa anda juga mengalami kerontokan rambut. Tidak hanya rambut di tubuh anda mulai menipis ketika anda tua, anda juga mulai menderita kebotakan parsial.

5. Penyakit Kulit

Jika anda memiliki penyakit kulit atau menderita kondisi kulit tertentu, anda dapat kehilangan banyak rambut dari tubuh anda, terutama bagian kepala. Pasien yang menderita kanker dan mengambil perawatan kemoterapi dapat menderita kondisi ini.

Sebenarnya normal untuk kehilangan 80-100 helai rambut setiap hari. Namun, jika anda mulai kehilangan rambut lebih dari jumlah ini, anda harus memberi perhatian lebih, karena mungkin kondisi itu disebabkan oleh penyakit, depresi, atau kehamilan.

B. Cara Mengatasi Rambut Tipis

1. Konsumsi suplemen penyubur rambut

Coba atasi masalah rambut rontok, rapuh atau tipis dengan mengonsumsi vitamin rambut, kulit dan kuku. Menurutnya, ini akan melengkapi kekurangan vitamin pada kliennya. Namun, jika cara ini tidak bekerja atau penipisan rambut berasal dari trauma dan alasan sementara, dia sering merekomendasikan perawatan topikal, seperti Nioxin.

Baca Juga : masker untuk rambut rusak karena smoothing

2. Jangan menggunakan produk secara berlebihan

Ketika menggunakan produk apapun untuk rambut, jangan gunakan secara berlebihan. Produk yang digunakan secara berlebihan hanya akan memberatkan rambut dan membuatnya terlihat lebih tipis.

Baca Juga : masker rambut rontok secara alami 

3. Makan dengan benar

Jika rambut kamu terus mengalami kerontokan, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi vitamin D dan zat besi. Jika kamu kekurangan asupan dari salah satu vitamin tersebut, kamu harus mencari suplemen atau sumber makanan yang benar, seperti sayuran hijau, daging merah, dan kacang-kacangan.

Baca Juga : masker rambut berminyak alami

4. Hindari Penggunaan Pengering Rambut

Mengeringkan rambut yang basah dengan menggunakan pengering rambut dapat membuat air yang ada di dalam batang rambut membuat rambut akan rapuh.

Begitu juga jika kamu mengeringkan rambut menggunakan handuk, gerakan menggosok yang kuat dapat menyebabkan penipisan dan perusakan batang rambut.

Baca Juga : masker alami untuk rambut bercabang

5. Kurangi Stres

Stres dapat memberikan pengaruh terhadap kondisi rambut. Stres yang berlebihan dapat menghentikan pertumbuhan rambut dan membuatnya rontok. Meski kondisi rambut akan kembali membaik setelah stres menghilang, namun disarankan sebisa mungkin, menghindari stres secara berlebihan.

Baca Juga : masker alami untuk rambut kusam

C. Pencegahan Rambut Tipis

1. Menjaga asupan makanan

Pola makan dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Karena itu, diet secara berlebihan dapat memicu rambut rontok. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc dan vitamin B 12.

Anda juga bisa mengonsumsi daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, dan ikan. Jika ingin mendapatkan rambut sehat, usahakan untuk mengonsumsi makanan ini dalam menu harian.

Baca Juga : masker rambut kering secara alami

2. Hindari stres

Anda bisa stres karena rambut rontok. Sebaliknya, stres juga bisa menyebabkan rambut rontok, apalagi bila stres bertambah parah. Jadi, bila sedang menghadapi masalah, cobalah untuk rileks dan mencari solusi dengan tenang.

Baca Juga : masker untuk rambut berketombe dan rontok

3. Hindari produk atau menata rambut berlebih

Penggunaan karet, pengering, pewarna, pengeriting, dan pelurus rambut dapat membuat rambut menipis. Rambut yang tipis akan lebih mudah rontok. Anda perlu menghindari atau membatasi penggunaan alat-alat tersebut, agar rambut terbebas dari produk kimia dan pemanas rambut.

4. Penggunaan tonik atau obat khusus rambut

Obat topikal atau oles yang mengandung minoxidil dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut dan mencegah rambut rontok bertambah parah. Namun penggunaan obat ini memerlukan resep dan pengawasan dokter. Injeksi steroid di kulit kepala juga dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok.

5. Transplantasi rambut

Tindakan ini dapat dipilih untuk mengatasi kebotakan rambut yang parah. Transplantasi rambut merupakan tindakan bedah penanaman rambut dengan hasil yang lebih permanen. Sayangnya, ada efek samping seperti nyeri dan risiko bekas luka. Selain itu, harganya pun terbilang tidak murah.



cara menebalkan rambut anak yang tipis, cara menebalkan rambut dengan cepat dalam 1 minggu, cara menebalkan rambut dengan kemiri, cara menebalkan rambut pria, cara menebalkan rambut secara alami menurut dokter, melebatkan rambut yang tipis, shampo untuk menebalkan rambut, tanya cara menumbuhkan dan melebatkan rambut,