Masker Alami Untuk Rambut Bercabang

Thursday, May 24th 2018. | Masker Rambut

Wanita memang sangat mengagumi kecantikan dan akan berlomba – lomba untuk tampil cantik di depan umum. Segala macam perawatan tubuh pasti akan dilakukan, tidak terkecuali perawatan rambut. Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan keinginan semua wanita. Namun terkadang untuk mendapatkan rambut indah wanita mencoba serangkaian perawatan yang ternyata memberikan dampak buruk ke depannya bagi rambut mereka. Mulai dari rambut menjadi kering, bercabang, dan patah.

Mungkin banyak produk yang menyediakan perawatan rambut untuk masalah tersebut, tapi tidak semua bisa efektif mengatasinya. Bisa saja masalah akan muncul kembali atau bahkan keadaan rambut menjadi lebih parah akibat bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Nah, untuk itu sobat perlu membaca ulasan di bawah ini. Semoga bisa membantu masalah sobat yang memiliki problem rambut bercabang.

A. Penyebab Rambut Bercabang




1. Terlalu sering mengikat rambut

Terlalu lama mengikat rambut ternyata juga bisa menjadi penyebabnya. Sangat sederhana bukan penyebabnya? Jadi jika anda mengikat rambut, janganlah mengikat terlalu kencang sehingga membuat rambut sulit bernafas dan kekurangan oksigen. Sebaiknya biarkan rambut anda terurai saat anda tidur. Saat melepas kucir rambut, lepaskan dengan pelan dan jangan dipaksa. Memaksa melepas kucir rambut tidak hanya membuat rambut bercabang. Tetapi juga membuat akar rambut menjadi rusak.

2. Penggunaan alat (styling tools)

Penggunaan alat-alat perawatan rambut seperti hair dryer, curling iron dan catok juga bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang. Ini karena biasanya penggunaan alat ini digunakan dalam suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi inilah yang menjadikan rambut menjadi kering dan akhirnya bercabang. Sebaiknya anda tidak menggunakan alat-alat ini terlalu sering apalagi dengan tempo setiap hari. Lebih baik gunakan setiap dua kali seminggu dan jangan melebihi dari itu. Jika terpaksa sebaiknya anda memberi rambut vitamin penguat agar tidak cepat bercabang bahkan rontok dan gunakan alat-alat ini dengan suhu yang tidak terlalu panas.

3. Menggosok dengan handuk

Apakah anda sering mengeringkan rambut setelah mandi dengan cara menggosoknya menggunakan handuk? Jika iya segera hentikan kebiasaan ini. Menggosokkan rambut menggunakan handuk ternyata juga bisa membuat rambut kering dan pada akhirnya bercabang. Lebih baik tepuk-tepuk pelan pada rambut sehingga sisa-sisa air bisa terserap baik oleh handuk. Gunakan pula handuk yang terbuat dari kain yang memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Setelah setengah kering, jangan sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat. Gunakan saja sisir bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan pada rambut.

4. Mengubah gaya rambut

Menggunakan perawat rebonding atau curling juga bisa memperparah bercabangnya rambut. Bahan kimia yang terdapat didalam obat rebonding atau curling sangat keras untuk rambut. Sehingga bisa menyebabkan batang rambut mengering dan pada akhirnya akan timbul cabang. Butuh perawatan khusus dan tidak sembarangan pula untuk mengatasi rambut yang bercabang karena zat-zat kimia ini.

5. Kekurangan nutrisi

Seperti anggota tubuh yang lainnya, rambut juga perlu asupan nutrisi yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Jika rambut mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, maka akan terjadi masalah-masalh yang menyebabkan rusaknya rambut. misalnya rambut kering, rontok, hingga bercabang. Beri rambut nutrisi yang dibutuhkan, baca artikel mengenai vitamin untuk rambut.

6. Faktor usia

Faktor penyebab rambut yang bercabang selanjutnya adalah faktor usia rambut. Jadi, semakin rambut anda panjang, otomatis semakin tua ujung rambut tersebut sehingga semakin rentan mengalami kerusakan. Anda bisa melihat bukan jika wanita berambut panjang lebih sering mengalami rambut bercabang dibanding dengan yang berambut pendek. Kerusakan pada ujung rambut bisa menyebar hingga ke akarnya apabila tidak dirawat dengan baik.

B. Gejala Rambut Bercabang

1. Rambut lengket dan lepek

Kondisi ini menjadi tanda awal terjadinya kerusakan dan rambut bercabang, jika setelah mandi rambut sangat susah diatur karena lengket atau terasa lepek maka segera lakukan langkah pencegahan agar tidak berlanjut menjadi masalah serius kedepannya.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan diantaranya adalah berenang di kolam renang yang kotor, tidak menggunakan pewarna rambut, menghindari hair dryer atau produk styling yang membutuhkan suhu tinggi.

2. Rambut kusut

Kusut dan susah diatur menandakan kulit kepala mengalami kekeringan, seperti dijelaskan pada halaman sebelumnya bahwa salah satu penyebab utama rambut bercabang adalah tingkat kelembaban yang menurun drastis baik pada kulit kepala maupun pada helaian rambut.

Untuk mencegahnya silahkan oleskan minyak zaitun dan lakukan pemijatan secara teratur sampai kelembaban kulit kepala kembali seperti sedia kala. Hindari pula sisir yang terlalu ketat karena dapat merusak batang rambut.

3. Elastisitas rambut

Cabut satu helai rambut lalu masukkan ke dalam gelas berisi air, tunggu beberapa saat lalu keluarkan kembali dari gelas. Jika hasilnya rambut tetap dalam keadaan semula maka itu menandakan rambut dalam kondisi sehat dan tidak ada masalah.

Namun jika ternyata rambut berubah mengembang atau berubah dari bentuk asalnya maka jelaslah sudah ada sesuatu yang salah. Cari tahu apa masalah tersebut dan segera lakukan pencegahan sebelum berubah menjadi masalah serius.

4. Membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering

Tanda terkahir rambut bercabang adalah membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa kering. Pada rambut sehat, hanya membutuhkan beberapa saat saja untuk bisa kering sempurna, hal ini tidak akan ditemukan pada rambut yang sedang mengalami masalah.

C. Cara Mengatasi Rambut Bercabang

1. Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun hangat untuk merawat rambut bercabang sobat. Caranya sebagai berikut :

– Hangatkan minyak zaitun menggunakan microwave.
– Oleskan pada rambut pada saat rambut dalam keadaan basah.
– Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
– Setelah itu keramas dengan sampo.
– Lakukan perawaan ini paling tidak setiap 2 minggu sekali.

Baca Juga : masker alami rambut kusam

2. Alpukat dan buah zaitun

Kombinasi dari buah alpukat dan minyak zaitun dipercaya ampuh untuk mengatasi rambut bercabang sobat.

– Haluskan 1 buah alpukat lalu campur dengan ½ sendok makan minyak zaitun.
– Campur hingga merata.
– Oleskan pada rambut secara merata
– Diamkan selama 30 menit.
– Bilas dengan air bersih.

Baca Juga : masker alami untuk rambut kering dan kusut

3. Mayones

Mayones mengandung asam lemak yang berfungsi untuk meningkatkan minyak alami rambut. Oleh karena itu mayones, selain digunakan untuk topping makanan, bisa juga digunakan untuk perawatan rambut bercabang.

– Keramas dan dikeringkan dengan handuk,
– Oleskan kurang lebih 1 sendok makan mayones pada rambut.
– Setelah itu bungkus dengan handuk atau shower cap.
– Diamkan selama 15 – 20 menit.
– Cuci kembali rambut dengan menggunakan sampo bayi atau sampo herbal.

Baca Juga : masker untuk rambut berketombe 

4. Lidah buaya

cara merawat rambut bercabangLidah buaya memang terkenal bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut. Selain untuk mengurangi masalah rambut rontok, daun lidah buaya berkhasiat untuk mengatasi rambut yang bercabang juga. Caranya mudah sekali.

– Cukup ambil gel yang ada di lidah buaya.
– Gunakan gel tersebut sebagai sampo.
– Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga : masker untuk rambut tipis dan rontok

5. Masker telur

Telur selain bisa digunakan untuk masker wajah ternyata juga bisa dijadikan masker rambut untuk menatasi rambut bercabang.

– Siapkan 1 butir telur mentah, ambil kuning telurnya saja.
– Campur kuning telur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu.
– Balurkan campuran ketiga bahan ke rambut secara merata sambil dipijat.
– Setelah itu tutup dengan shower cap selama kurang lebih 40 menit.
– Bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga : masker rambut rusak secara alami

6. Masker papaya

Pepaya merupakan salah stau jenis buah-buahan yang sering kita jumpai, ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat mengatasi masalah rambut bercabang. berikut caranya :

– Sediakan buah papaya secukupnya dan campur dengan yoghurt.
– Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata
– Berikan pijatan selama 10 menit.
– Setelah itu diamkan selama 15 menit.
– Bilas dengan air hangat.

Baca Juga : masker rambut rontok parah

7. Masker madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki rasa manis ini selain bisa di gunakan untuk kecantikan juga bisa di manfaatkan untuk mengatasi masalah rambut, salah satunya rambut bercabang. Berikut caranya :

– Sediakan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt
– Dan perasan air jeruk lemon secukupnya.
– Campur ketiga bahan kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut.
– Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga : masker alami untuk rambut berminyak

8. Hindari menggosok rambut

Apakah setelah selesai keramas sobat suka menggosok rambut dengan handuk atau saling menggosoknya dengan rambut? Sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Menggosok rambut dengan handuk atau rambut itu sendiri menyebabkan rambut menjadi kering sehingga bercabang. Oleh karena itu dianjurkan untuk membiarkan rambut mengering dengan sendirinya setelah keramas.

9. Pilih sampo yang sesuai

Perawatan rambut yang sedang bermasalah memang tidak sembarangan. Sampo untuk rambut pun harus diperhatikan pemilihannya. Gunakan sampo yang khusus untuk perawatan rambut kering dan bercabang atau rambut rusak, serta pastikan bahwa sampo tersebut memberikan kelembaban untuk rambut sobat. Setelah keramas ada baiknya untuk menggunakan kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut.

10. Potong rambut secara rutin

Memotong rambut secara rutin pada ujungnya bisa mengurangi rambut bercabang. Menurut para ahli, setidaknya ujung rambut dipotong secara rutin 2 bulan sekali. Selain itu, lakukan perawatan tambahan seperti yang telah dijelaskan di atas.

D. Cara Mencegah Rambut Bercabang

1. Memotong rambut secara teratur

Anda perlu memotong ujung rambut secara teratur. Setidaknya sekali setiap dua minggu atau lebih. Cara sederhana ini dapat menghindarkan Anda dari masalah rambut bercabang.

2. Mengoleskan minyak pada ujung rambut

Oleskan minyak esensial pada ujung rambut sebelum tidur. Kemudian kuncir rambut Anda dengan rapi sebelum tidur agar tidak berantakan saat bangun. Minyak esensial yang baik untuk rambut seperti: minyak zaitun, urang-aring, dan kemiri.

3. Jangan terlalu bergantung pada produk kimia

Jangan terlalu bergantung pada produk kimia karena terkadang itu tidak bekerja efektif pada rambut Anda. Maka, cobalah untuk melakukan perawatan alami dalam mengobati masalah rambut bercabang.

4. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat dapat mencegah masalah rambut bercabang. Makanan sehat mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama rambut, yang pada akhirnya akan menyehatkan rambut.

5. Hindari penggunaan alat berpemanas

Hindari penggunaan alat yang dapat menghantarkan panas pada rambut. Alat-alat seperti ini dapat merusak kesehatan rambut, serta membuat rambut jadi kering dan kusam.



cara mengatasi rambut bercabang dan rontok, cara menghilangkan rambut bercabang secara cepat dan alami, cara menghilangkan rambut bercabang tanpa dipotong, masker khusus rambut bercabang, merk masker untuk rambut bercabang, obat mengatasi rambut bercabang, rambut bercabang pria, shampo untuk rambut bercabang, masker untuk rambut bercabang