Cara Merawat Rambut Berwarna

Sunday, June 17th 2018. | Perawatan Rambut

Mewarnai rambut merupakan cara tercepat untuk mengubah penampilan jika anda tidak ingin mengubah style-nya. Orang jaman dahulu memiliki banyak cara merawat rambut secara alami agar hitam berkilau dan mereka mewarnai rambut hanya untuk menutupi uban.

Namun Sekarang ini mewarnai rambut adalah cara orang mengikuti tren. Warna rambut yang bisa dipilih tidak hanya hitam, melainkan juga coklat, merah, biru tua, bahkan pink atau ungu jika berani tampil beda.

10 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar




Mewarnai rambut harus di iringi dengan cara merawat rambut yang diwarnai. Bagaimana pun juga, mewarna rambut memiliki efek samping karena cat rambut adalah bahan kimia yang tidak bisa digunakan terus menerus. Terlalu sering mewarnai rambut bisa membuat menjadi kering, rapuh dan rusak. Berikut di bawah kami rekomendasikan cara merawat rambut berwarna dengan baik dan benar :

1.Perawatan Rambut Dengan Clarifying Shampo

Clarifying shampoo adalah sampo yang ditujukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari penumpukan produk-produk styling, vitamin, air klorin di kolam renang, bahkan residu sampo dan conditioner yang memiliki bahan pelembab yang membuat rambut menjadi keliatan lebih lepek.

Biasanya seseorang yang telah mengaplikasikan cat rambut, ada kalanya warna rambut berubah menjadilebih gelap di satu sisi dan di sisi yang lain berbeda. Nah untk mengatasinya anda bisa menggunakan clarifying shampo yang dapat membuat warna rambut menjadi lebih rata ( dengan gradasi warna rambut yang tepat ).

Biasanya sampo ini memiliki formulasi yang lebih kuat sehingga memiliki kecenderungan untuk membuat rambut menjadi kering. Selain itu, produk perawatan rambut ini juga dapat membersihkan rambut dari kotoran, akibat sisa produk hairstyling atau polusi udara.

Baca Juga : cara merawat rambut panjang agar tidak rontok

2. Manfaat Masker Rambut

Kondisi rambut kering merupakan salah satu masalah yang umum terjadi, setelah rambut di warnai. Ketika anda mengalami hal serupa hal pertama yang anda lakukan adalah melebabkan rambut supaya tetap sehat. Adapaun caranya anda bisa menggunakan masker rambut, anda bisa membelinya atau membuat sendiri. Lakukan masker rambut 1 minggu sekali agar kesehatan rambut terjaga, dan terhindarkan dari rambut bercabang dan kering.

Baca Juga : cara mengatasi rambut kering dan kusam dengan bahan alami

3. Lindungi Rambut Saat Berolahraga

Berolahraga adalah satu kegiatan yang wajib di lakukan, supaya kesehatan badan terjaga. Namun berolahraga juga ada efek samping yang kurang baik bagi seseorang yang telah mewarnai rambutnya, namun hal tersebut bukan menjadikan sebuah alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Anda bisa mencari solusinya supaya badan tetap terjaga kesehatannya dan rambut yang di warnai juga terjaga dengan baik, misalnya gunakan topi ketika anda berolahraga di bawah terik sinar matahari, jika berenang gunakan topi renang, supaya cat rambut terleindungi dari bahan kimia penjernih air kolam.

Baca Juga : cara mengatasi rambut mengembang akibat smoothing 

4. Cuci Rambut Dengan Air Dingin

Cara ke-4 dalam merawat rambut berwarna adalah, mencuci rambut dengan air dingin. Sebab cara ini sangat jitu dalam menjaga kutikula rambut, sehingga rambut lembut dan bercahaya. Justru sebaliknya apabila mencuci rambut dengan air hangat dapat menghilangkan kelembaban alami rambut dan membuat rambut anda menjadi kering.

Baca Juga :  cara merawat rambut keriting dengan bahan alami

5. Merawat Rambut dengan Dry Shampo/Shampo Tanpa Bilas

Langkah selanjutnya dalam merawat rambut berwarna adalah dengan cara merawat rambut menggunakan dry shampo atau shampo tanpa bilas. Rambut yang diwarnai memang rentan mengalami masalah rambut kering dan kusam. Oleh karena itu, lakukan keramas minimal sekali seminggu untuk membersihkan kotoran yang melekat pada rambut.

Namun apabila bagi anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk merawat rambut anda bisa mencari solusi lain, salah satunya dengan dry shampo tanpa bilas, Selain membersihkan dan membebaskan rambut dari minyak, produk perawatan rambut ini juga memberikan aroma segar pada rambut.

Baca Juga : cara mengatasi rambut berminyak tanpa keramas

6. Gunakan Serum Khusus

Langkah selanjutnya dalam menangani rambut berwarna adalah dengan menggunakan serum khsusus. Biasanya pemakaian cat rambut dapat membuat rambut menjadi kusam dan kering, di tambah lagi jika rambut terkena langsung paparan sinar matahari atau terkena peralatan hairstyling, seperti curling iron atau hair dryer secara terus menerus.

Jika anda mengalami hal serupa, anda bisa mengatasinya dengan serum khsusus untuk rambut berwarna, selain menghindarkan rambut kering, kusam, dapat membuat rambut lebih sehat dan mempertahankan warna cat rambut supaya tidak mudah pudar.

Baca Juga : cara mencukur rambut kemaluan agar tidak tumbuh lagi

7. Minimalkan Penggunaan Alat Penata Rambut

Cara ke-7 dalam melakukan perawata terhadap rambut berwarna adalah dengan cara meminimlkan penggunaan alat penata rambut. Sebab rambut yang di cat lebih rentan terhadap proses penataan rambut, terutama yang melibatkan panas, seperti pemakaian hair dry dan catok rambut.

Jika tidak di perlukan, usahakan mengurangi pemakaian alat-alat tersebut, dan gunakan serum khusus rambut di warnai, seblum melakukan proses penataa rambut.

Baca Juga : cara membuat rambut klimis secara alami

8. Minyak Zaitun

Cara ke-8 dalam melakukan perawatan rambut berwarna adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Sebab di dalam minyak zaitun terdapat nutrisi yang memiliki banyak khasiatnya, salah satunya dapat menjaga kesehatan rambut.

Adapun cara pemakaian minyak zaitu adalah, minyak zaitun oleskan sebanyak 1-2 sendok teh, ke kulit kepala hingga merata, kemudian berikan pijatan secara perlahan, lalu diamkan kurang lebih 20-30 menit. Dengan berjalannya waktu rambut anda berubah menjad lebih sehat, berkilau, dan terlihat berkilau.

Baca Juga : cara menghilangkan rambut gatal secara alami

9. Pisang

Pisang merupakan salah jenis varian buah yang mengandung nutiris tingakt tinggi sehingga memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat di gunakan untuk perawatan rambut di warnai.

Biasanya rambut yang di warnai akan mengalami masalah rambut keirng, kusam, dan kemungkinan rusak. Nah untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan buah yang satu ini. Caranya buah pisang di haluskan,kemudian campur dengan minuman yogurth. Selanjutnya oleskan masker rambut ini dari ujung hingga pangkal rambut, diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan berkeramas dan bilas pakai air dingin. Lakukan perawatan ini 1 minggu 2x untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca Juga : cara menumbuhkan rambut botak dengan cepat

10. Madu

Madu adalah sebuah cairan yang berasal dari lebah ini biasanya identik dengan makanan atau minuman, namun kali ini berbeda. Madu dapat di gunakan untuk perawatan rambut di warnai.

Sebab rambut yang di warnai biasanya akan menimbulkan efek samping yakni rambut kering, kusam, dan mudah rontok. Nah untuk mengatasi anda bisa menggunakan madu, adapaun caranya ambil 2-3 tetes madu kemudian campurkan dengan shampo atau conditioner yang anda pakai, selanjutnya usapkan ke seluruh rambut dari ujung hingga pangkal rambut, diamkan secukupnya, kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga : cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen



cara mencuci rambut setelah diwarnai, cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching, cara merawat warna rambut agar tidak pudar, serum untuk rambut diwarnai, shampo dove untuk rambut berwarna, shampo sunsilk untuk rambut berwarna, tresemme untuk rambut berwarna, vitamin untuk rambut berwarna,