Masker Rambut Rontok Secara Alami

Monday, August 20th 2018. | Masker Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seorang wanita, rambut juga dapat dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang. Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk perawatan rambut yang diklaim dapat mengatasi rambut rontok parah, namun ternyata masih banyak orang memilih cara tradisional menggunakan bahan alami. Yah, meskipun hanya menggunakan bahan alami ternyata hasilnya cukup efektif dan tentunya tidak memberikan efek samping pada kesehatan rambut.

Tahukah anda bahwa rambut rontok itu merupakan hal yang wajar dan normal. Setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai, sedangkan jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai. Tapi semua itu akan sia-sia jika anda mengalami rambut rontok. Dan jika sudah parah anda dapat mengalami kebotakkan. Pasti anda tidak mau mengalami itu bukan? Berikut akan saya paparkan beberapa tips mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami  dengan daun seledri dan berbagai macam bahan yang dapat dengan mudah anda temukan.

A. Penyebab Rambut Rontok




Memang benar bahwa pria lebih mungkin untuk kehilangan rambut dari pada perempuan, sebagian besar karena kebotakan. Tapi, rambut menipis dan rontok juga sering terjadi pada wanita. Alasannya dari yang paling sederhana seperti kekurangan vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks, seperti tanda dan gejala dari suatu penyakit.

1. Stress

Segala macam trauma fisik dari mulai stress berat, pascamelahirkan, kecelakaan, penurunan berat badan signifikan, atau penyakit serius, bahkan flu, hingga faktor emosional seperti perceraian, berkabung, atau tekanan pekerjaan, bisa menyebabkan rambut rontok dalam jumlah besar walaupun hanya berlangsung sementara.

Wanita yang mengalami telogen effluvium umumnya menyadari kerontokan rambut enam minggu hingga tiga bulan setelah pengalaman stress berat.

Siklus hidup rambut memiliki tiga fase penting: masa pertumbuhan, masa istirahat, dan masa rontok. Stress berat bisa mengganggu siklus rambut, sehingga mempercepat rambut mengalami kerontokan.

Tandanya bisa dari helai rambut rontok dari akar (memiliki ‘kantung’ lonjong seperti bohlam di ujungnya). ‘Kantung’ ini berarti rambut tersebut telah melalui keseluruhan fase pertumbuhan, mengindikasikan siklusnya telah dipercepat akibat pengaruh stres.

2. Rambut Rontok Turunan

Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab kerontokan paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orangtua, namun Anda memiliki risiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orangtua Anda juga mengalami rambut rontok. Wanita yang memiliki penipisan rambut genetik (androgenetic alopecia) cenderung mengalami penipisan di garis rambut. Walaupun kondisi ini umumnya timbul sekitar usia 50-60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan gejala akan mulai timbul dan berkembang di usia 20-an.

3. Kelebihan Vitamin A

Apabila menurut American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. kerontokan rambut akibat kelebihan vitamin A mudah diatasi hanya dengan mengurangi kadar vitamin A dalam darah kembali ke ambang normal.

4. Kekurangan Protein

Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan protein Anda, tubuh akan menarik jatah protein dari folikel rambut Anda dan menghentikan pertumbuhan rambut. Kerontokan rambut akibat kekurangan protein bisa mulai terlihat 2-3 bulan setelah penurunan asupan protein.

5. Terlalu Sering Menata Rambut

Terlalu sering menata ramut menggunakan peralatan panas dan produk rambut berbahan kimia keras bisa memengaruhi akar rambut dan menyebabkan rambut rapuh dan rontok, sulit untuk kembali tumbuh.

6. Jarang Keramas

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena jarang keramas. Rambut akan menjadi berminyak dan juga lembab. Hal yang membuat rambut menjadi rontok, ketika adanya paparan sinar matahari yang membuat rambut bercampur dengan keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain itu, pada saat keramas usahakan jangan terlalu kencang menggosok kepala. Hal tersebut dapat merusak folikel rambut, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

B. Ciri – Ciri Rambut Rontok

Berikut ciri-ciri rambut rontok yang bisa di jadikan patokan kamu, apakah kamu akan mengalami atau sudah mengalami ambut rontok :

1. Struktur Rambut Tidak Rata

Penyebab rambut rontok bisa terlihat dari struktur rambut yang tidak merata sebab sudah mengambil nutrisi dari rambut, menghambat pertumbuhan rambut, menghambat produksi minyak alami rambut dan masih banyak lagi hal lain yang disebabkan karena sebuah penyakit. Rambut akan terlihat seperti ikal meskipun memiliki jenis rambut yang lurus dan akhirnya berubah menjadi kering kemudian rontok.

2. Timbul Gejala Ketombe

Ketombe bisa terjadi pada siapapun tanpa melihat jenis kelamin dan juga usia dan ini merupakan salah satu indikasi dari kerontokan rambut. Ketombe ini juga menjadi ciri khas dari penyakit kulit kepala yang akhirnya membuat sel di kulit kepala menjadi mengelupas dan timbul ketombe.

3. Kulit Kepala Yang Terlihat Jelas

Ciri lain dari rambut rontok karena penyakit adalah kulit kepala yang semakin terlihat sangat jelas dari waktu ke waktu. Jika rambut dalam keadaan sehat, maka kulit kepala akan sulit terlihat karena rambut tumbuh dengan subur dan menutup kulit kepala. Namun, saat tubuh menderita sebuah penyakit dan mengakibatkan rambut menjadi rontok, maka kulit kepala akan semakin mudah terlihat dan semakin lama akan berujung pada kebotakan.

4. Mengalami Gangguan Kulit

Dari sekian banyak penyakit kulit, ada beberapa diantaranya yang bisa menyebabkan timbulnya jaringan parut seperti contohnya lichen planus dan juga beberapa macam jenis penyakit lupus. Gangguan kulit ini akan menimbulkan kerontokan rambut permanen alias tidak dapat tumbuh kembali pada bagian bekas luka.

5. Terlihat Seperti Bercabang

Rambut bercabang merupakan tanda jika folikel rambut sudah mati dan tidak dapat tumbuh kembali yang nantinya akan diganti dengan rambut baru dan menjadi penyebab rambut terlihat seperti bercabang. Apabila tidak mendapatkan perawatan terbaik, maka semakin lama, rambut tersebut akan mengalami kerontokan.

C. Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Berikut beragam tips cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang tentunya tidak ada efek samping atau membahayakan kesehatan rambut :

1. Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala anda.

– Basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering.
– Setelah itu usapkan lendir atau gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala.
– Biarkan 15 hingga 20 menit.
– Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : masker rambut berminyak alami

2. Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala anda.

– Sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar.
– Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak.
– Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda.
– Langkah terakhir yakni kramas dengan shampo agar rambut anda bersih.

Baca Juga : masker rambut bercabang secara alami

3. Buah Alpukat

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut anda. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda.

– Haluskan buah alpukat.
– Kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala.
– Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

Baca Juga : masker alami rambut kusam

4. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

– Oleskan yogurt pada bagian kulit kepala.
– Biarkan 10 hingga 15 menit.
– Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : masker rambut kering secara alami

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang biasa di gunakan ibu-ibu untuk memasak. Namun tahukah kamu jika bawang putih bisa di manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok.

– Haluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut.
– Balurkan, tunggu selama beberapa menit.
– keramas menggunakan shampo agar rambut bersih.

Baca Juga : masker rambut alami untuk rambut berketombe

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, kamu sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami.

– Iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan.
– Usapkan pada kulit kepala secara merata.
– Diamkan sekitar 15 menit.
– Kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Baca Juga : masker rambut untuk rambut tipis

D. Pencegahan Rambut Rontok

Ini dia beragam pencegahan rambut rontok yang bisa di terapkan kamu supaya terhindar dari masalah rambut rontok :

1. Merawat Rambut Dengan Baik

Cara mencegah rambut rontok alami yang bisa di lakukan dengan mudah tanpa menggunakan bahan khusus yaitu dengan melakukan perawatan yang baik pada rambut. Untuk merawat rambut dengan baik tidak harus mengunjungi salon. Karena hanya dengan merawat teratur mencuci rambut, dan juga memberikan masker rambut merupakan perawatan sederhana untuk mencegah rambut rontok alami yang bisa di lakukan juga di rumah. Oleh sebab itu sebaik nya mulai memperhatikan rambut dengan baik agar tidak akan mengalami rambut rontok parah.

Baca Juga : masker rambut rusak secara alami

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mencegah rambut rontok alami yang selanjut nya yaitu bisa dengan mengkonsumsi asupan makanan yang sehat. Karena makanan yang masuk ke dalam tubuh juga akan menjadi sumber nutrisi untuk rambut sehingga jika makanan yang tidak sehat di makan maka efek nya bisa merusak rambut. Dan apabila makanan yang sehat yang di konsumsi maka akan mencegah rambut rontok karena akar dan batang rambut akan sehat dengan di berikan nya makanan sehat dan nutrisi yang cukup.

3. Melindungi Rambut

Rambut akan rusak apabila jika terlalu sering terkena panas, polusi dan juga bahan kimia. Maka dari itu mencegah rambut rontok dan kerusakan pada rambut sebaik nya melindungi rambut kepala dengan baik dan juga menjaga kebersihan serta kelembaban kepala dengan baik.

4. Memberikan Nutrisi Pada Rambut

Nutrisi untuk rambut tidak hanya dari dalam tubuh juga, tetapi dari luar tubuh yang di berikan secara langsung pada rambut pun juga bisa membantu untuk mencegah rambut rontok. Serum rambut dari lidah buaya, dan minyak zaitun atau buah buahan baik untuk kesehatan kepala dan juga rambut.

5. Konsumsi Air Putih  Cukup

Cara mencegah rambut rontok secara alami adalah dengan cara meminum air putih yang cukup. Meminum air putih yang baik dan benar adalah dengan 8 sampai 10 gelas perharinya. Cara ini sangat aman untuk diterapkan tanpa efek samping. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan rambut, agar tidak rontok. Yang dasarnya, memiliki rambut rontok bisa membuat rasa tidak percaya diri saat menjalankan kegiatan sehari hari.