Cara Mengatasi Rambut Lepek

Tuesday, March 20th 2018. | Perawatan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut hitam berkilau, cantik, dan sehat adalah impian bagi semua wanita. Tidak heran banyak wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut. Masalah rambut yang sering dialami oleh wanita adalah rambut rontok, lepek, berminyak, berketombe, dan bercabang.

Rambut lepek memang tidak indah dilihat oleh pandangan mata. Kendari demikian, masih banyak seseorang yang memiliki rambut lepek. Biasanya rambut lepek terjadi akibat kelebihan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala.

7  Cara Mengatasi Rambut Lepek Dengan Cepat

Hampir semua masalah rambut disebabkan karena rambut berminyak. Saat rambut berminyak sudah pasti akan membuat rambut menjadi lepek. Bahkan adanya kotoran dan debu yang mudah menempel pada rambut membuat rambut lepek. Oleh karena itu, mengatasi masalah rambut yang lepek penting untuk dilakukan.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami untuk tonik rambut sehingga membuat rambut terasa lebih lembut dan terhindar dari lepek. Bukan hanya itu, cuka sari apel mampu meningkatkan kekuatan rambut, menambah elastisitas dan cahaya.

Cuka sari apel memiliki sifat asam yang bakal membersihkan segala kotoran dan juga sisa-sisa kondisioner maupun sampo yang menempel di bagian kulit kepala. Oleh karena itu, efeknya pun membuat rambut kelihatan bersinar dan juga menjadi lebih lembut tanpa lepek.

Baca Juga : cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

2. Minyak Kelapa dan Yogurt

Perpaduan kedua bahan alami ini terbilang efektif untuk mengatasi masalah rambut lepek. Pasalnya asam aurat pada minyak tersebut mampu meremajakan rambut rusak dengan berperan sebagai protein rambut. Berikut cara pemakaiannya :

– Sediakan yogurt tawar dan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan.
– Campurkan kedua bahan hingga rata dan oleskan pada bagian kulit kepala maupun rambut.
– Biarkan selama 2 jam dan kemudian di cuci rambut menggunakan sampo
– Lakukan perawatan seminggu 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : cara mengatasi rambut berminyak secara alami

3. Jeruk Nipis

Mengatasi rambut lepek dengan memanfaatkan jeruk nipis adalah salah satu cara yang efektif. Adapun caranya sebagai berikut :

– Sediakan jeruk nipis secukupnya, bersama cuka serta air sedikit.
– Campurkan ketiga bahan tersebut dan aplikasikan ke seluruh rambut.
– Diamkan kurang lebih 1 jam.
– Terakhir bilas dengan menggunakan shampoo.
– Ulangi 1-2 kali dalam seminggu, supaya hasilnya sempurna.

Baca Juga : cara merawat rambut kering dan kusam secara alami

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak kandungan vitamin C, protein dan zinc yang ampuh mengatasi permasalahan rambut. Aloe vera juga bisa mengontrol minyak berlebih penyebab rambut lepek. Cara menggunakannya bisa dengan menambahkan jus lidah buaya saat keramas atau digunakan sebagai masker rambut. Berikut cara pemakaiannya :

– Ambil sejumlah daun atau batang lidah buaya secukupnya, belah menjadi dua bagian.
– Ambil gel secukupnya, kemudian oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala.
– Diamkan selama setengah jam, agar gel dan kandungannya meresap .
– Bilas dengan menggunakan air dingin dan berkeramas.
– Ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : cara menghilangkan rambut gatal secara alami

5. Minyak Zaitun dan Pisang

Kedua bahan ini memang banyak mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan nutrisi esensial yang dapat menutrisi folikel rambut. Tidak anya masalah rambut lepek, rambut bercabang, rambut rontok serta rambut kasar pun mampu diatasi oleh pisang. Kombinasi minyak zaitun pun mampu mengembalikan tampilan rambut bersinar dan sehat. Berikut cara pemakaiannya :

– Sediakan 2 buah pisang dan minyak zaitun 1 sendok makan.
– Hasluskan terlebi dahulu pisangnya, kemudian tambahkan dengan minyak zaitun.
– Campur hingga merata, lalu terapkan ke seluruh rambut dari akar hingga ujung.
– Diamkan selama 1 jam.
– Setelah itu bilas menggunakan air dingin dan berkeramas.
– Ulangi perawatan tersebut 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : cara mengatasi rambut mengembang menjadi lurus alami

6. Hindari Tidur Dalam Keadaan Rambut Basah

Cara mengatasi rambut lepek sebetulnya bisa diatasi dengan cara-cara sederhana, seperti dengan menghindari kebiasaan tidur sewaktu rambut basah. Mungkin ada beberapa orang yang setelah keramas dan rambut belum kering malah berbaring untuk tidur. Inilah yang membuat rambut mudah menjadi lepek.

Baca Juga : cara merawat rambut keriting supaya lurus

7. Keramas Dengan Benar

Terkahir dalam mengatasi rambut lepek adalah dengan mencuci rambut secara benar. Pada intinya jangan hanya mengusap-usap sampo ke permukaan rambut saja. Hal ini karena kulit kepala membutuhkan pijatan ketika sedang keramas. Dengan begitu rambut tidak rontok dan lepek. Di samping itu, keberadaan bakteri dan jamur mudah menghilang hanya dengan menggosok serta memijat secara benar.

Baca Juga : cara mengatasi rambut rontok secara alami

Related For Cara Mengatasi Rambut Lepek

cara mengatasi rambut lepek dan kering, cara mengatasi rambut lepek dan tipis, cara mengatasi rambut lepek dengan bedak, cara mengatasi rambut lepek dengan cepat, cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas, ciri ciri rambut lepek, rambut lepek pria, shampo untuk rambut lepek, cara menebalkan dan mengatasi rambut berminyak dan ombak